Sebagai seorang pemilik brand, tentunya terpikir untuk memperkenalkan brand yang kita miliki di media sosial sehingga brand tersebut semakin dikenal oleh banyak orang. Salah satu sosial media yang saat ini sangat banyak digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat adalah instagram. Meskipun begitu, memperkenalkan dan memasarkan suatu brand di instagram juga bisa saja gagal kalau kita tidak mengerti metriknya. Mulai dari memantau jumlah followers, engagement rate hingga merespons pertanyaan atau komentar followers, semuanya kita bahas satu per satu ya di sini….
JUMLAH FOLLOWERS ADALAH KOENTJI
Jumlah followers
sangat berpengaruh terhadap kesuksesan akun kita. Jumlah followers yang banyak mengindikasikan bahwa brand kita semakin
dikenal dan dipercaya oleh orang lain sehingga akan menjadi hal yang mudah bagi
kita para pemilik brand untuk memperkenalkan dan memasarkan brand yang kita
miliki.
Dalam hal ini, kita perlu untuk memantau perkembangan jumlah followers yang kita miliki secara berkala dengan cara menghitung tingkat pertambahan (rate of growth) followers di media sosial kita. Here’s the way to find out!
1. Tentukan jumlah followers yang kita miliki di periode lalu (ex: bulan lalu)
2. Bagilah selisih antara jumlah followers periode ini (ex : bulan ini) dengan jumlah followers periode lalu (ex: bulan lalu), dengan total followers di bulan lalu.
Hal lain yang juga perlu diperhatikan selain rate of growth adalah engagement rate; bagaimana keterlibatan followers yang kita miliki terhadap konten yang disajikan di media sosial kita. Dengan mengetahui engagement rate, maka akan mempermudah kita dalam memahami jenis konten yang sesuai dengan followers yang kita miliki. Hal ini bisa dilihat dari komentar dan likes yang mereka berikan.
Tidak sulit untuk mengukur engagement rate, caranya adalah dengan membagi jumlah total komentar dan likes yang kita dapatkan dengan jumlah followers yang kita miliki, lalu hasilnya dikalikan dengan 100.
KOMENTAR FOLLOWERS
Konten di media sosial kita ini sebenarnya
menarik gak ya? Coba deh, cek komentarnya!
Sebetulnya penting sekali bagi kita untuk mengetahui perbedaan likes dan comments pada saat kita mengukur kinerja media sosial kita. Kita bebas membuat konten di media sosial kita, namun kita tidak pernah bisa memastikan apakah konten tersebut dibaca oleh followers kita atau tidak.
Giving likes to our contents, doesn’t mean
they read the contents properly; but, living comments, does.
Untuk mempermudah hal tersebut, Analisa.io bisa membantu kita untuk menganalisis tentang Campaign Reporting, cek keaslian jumlah followers dan demografinya, analisis daya saing, analisis Tag, pemetaan influencer, analisis konten, dan masih banyak lagi.
NATURE OF AUDIENCE
Adanya data demografi followers akan membantu kita untuk dapat menentukan konten yang
sesuai dengan followers yang kita
miliki dan juga memastikan bahwa followers
yang kita miliki telah sesuai dengan target pembeli yang kita inginkan.
Jangan salah, Analisa.io juga bisa membantu kita untuk melihat demografi followers kita, dari mulai usia followers, jenis kelamin, sampai daerah tinggal mereka. Dengan begitu, kita akan mampu membuat konten yang lebih relate dengan para followers dan meningkatkan pemasaran brand.
AVERAGE METRIC
Dengan average metric, kita
dapat mengetahui kualitas dari setiap konten di media sosial
kita, seperti misalnya data rata-rata likes yang kita dapatkan di tiap
postingan konten. Hal ini
berguna untuk melacak metrik dari
media sosial kita selama tahun ini sehingga
dapat membantu menentukan strategi
konten yang perlu
ditingkatkan untuk mendapatkan hasil akhir yang lebih baik.
Komentar
Posting Komentar